Rabu, 25 April 2012

Tafakur -- Kualitas

"Takut kepada Allah harus dengan ilmu tentang Allah; ilmu tentang Allah juga harus dengan rasa takut kepadaNya. Dan takut kepada Allah harus melahirkan ketaatan kepadaNya. Orang-orang yang takut kepada Allah adalah orang-orang yang mengerjakan perintah-perintahNya serta menghindari segala bentuk larangan-Nya" (Ibn Taimiyah).

Ada proses yang berulang dalam kehidupan manusia. Perulangan itu seharusnya menambah kelancaran prosesnya dan menghasilkan kualitas yang terus meningkat. Namun, perulangan itu hanya menjadi rutinitas yang tidak melahirkan kualitas bagi sebahagian orang. Tidak ada kelancaran, juga tanpa peningkatan kualitas ketundukan, meskipun berpuluh tahun telah dihabiskan untuk melakukan hal yang sama.

Shalat, misalnya, dilakukan dengan cara yang sama setiap hari. Demikian juga dengan doa. Sebahagian orang hanya mengucapkan lafal dalam shalat dan doa saja, tetapi tak pernah memikirkan apa yang diucapkan dan didoakan. Padahal semua itu adalah permintaan. Dalam setiap permintaan, tentunya harus memahami apa saja yang diminta.Permintaan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tidak tergesa-gesa. Hati harus selalu dilibatkan dalam setiap urutannya. Permintaan yang tidak sungguh-sungguh tidak akan diterima.

Tidak adanya kelancaran dan kualitas lainnya dari proses yang berulang menunjukkan bahwa tidak ada upaya menuntut ilmu, bagi sebahagian orang. Padahal ilmu adalah hasil yang bisa diperoleh dari proses melaksanakan sesuatu, termasuk melaksanakan shalat dan doa. Dengan kata lain, ilmu untuk beramal dan dengan cara beramal menghasilkan ilmu. Di antara perintah wajib, kata Rasulullah, adalah menuntut ilmu sejak dalam ayunan hingga ke liang lahat. Itu artinya, tak ada istilah berhenti dalam menuntut ilmu, sebagai wujud ketundukan dan ketakutan kepada Allah. Jadi, berhenti menuntut ilmu karena alasan usia, termasuk suatu pelanggaran.

Oleh Jarjani Usman



DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar