Rabu, 25 April 2012

Hadis Pilihan

"Istafti nafsaka, istafti qalbaka yaa waabishatu tsalaatsan. Albirru mathmaannat ilaihin nafsu wathmaanna ilaihil qalbu wal itsmu maa haaka finnafsi wa taraddada fishshadri. Mintalah fatwa pada dirimu, mintalah fatwa pada hatimu wahai Wabishah, Nabi mengulanginya tiga kali. Kebaikan adalah sesuatu yang membuat jiwa dan hati tenang. Dosa adalah sesuatu yang terasa tidak karuan dalam jiwa dan terasa bimbang dalam dada." (Hr. Ahmad)

"Atadruuna aktsara maa yudkhilul jannah. Taqwallahi wa husnul huluqi. Tahukah kalian apa yg paling banyak menyebabkan manusia masuk surga? Taqwa kepada Allah dan akhlak yang baik." (Hr. Ahmad)

"Wal hajjul mabruuru laisa lahuu jazaaun illal jannatu. Dan haji mabrur itu tidak ada balasannya melainkan surga." (Hr. Bukhari)

Innallaaha laa yandhuru ilaa shuwarikum wa amwaalikum wa laakin yandhuru ilaa quluubikum wa a'maalikum. Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk luarmu juga bukan hartamu, tetapi Allah melihat hatimu dan amal perbuatanmu. (hr. Muslim)

Sabda Nabi, "Azhzhaahiru yadullu alal baathin. Yang lahir itu bisa menjadi indikasi dari apa yg ada dalam batin."

Ucapan Imam Ali yg terkenal, "unzhur maa qaala wa laa tanzhur man qaala. Perhatikan apa yang dikatakan, jangan perhatikan siapa yg mengatakan."

Sabda Nabi, "Kullu banii aadama khaththaa'un wa khairul khaththaa'iinat tawwaabiin. Setiap anak cucu Adam adalah pembikin kesalahan, dan sebaik-baik orang salah ialah mereka yang bertaubat." (hr. Ibn Majah)

Innamaa ana basyarum mitslukum unsaa kamaa tansauna faidza nasiitu fadzakkiruunii. Aku hanyalah manusia spt kalian, aku bisa lupa seperti kalian juga bisa lupa, maka kalau aku lupa, hendaklah kamu ingatkan aku. (hr. Bukhari)

DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar