Minggu, 13 Mei 2012

Tafakur - Semangat Mengingat Kematian

Oleh Jarjani Usman

"Perbanyaklah kalian mengingat pemutus kelezatan dunia." Kemudian para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah itu pemutus kelezatan dunia?" Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Kematian" (HR. Al Baihaqi)

Bagi sebahagian orang, mengingat kematian dianggap bisa menurunkan semangat hidup. Seakan-akan apa yang sedang diupayakan tak akan bersemangat lagi, bila dipengaruhi oleh pikiran yang senantiasa mengingat kematian. Sebab, menjadi terasa tidak berarti berusaha di dunia ini. Tapi bila dipikirkan dengan sungguh-sungguh, semangat hidup malah bisa bertambah-tambah dengan mengingat kematian.

Dengan mengingat kematian, setiap hamba akan menjadi sadar bahwa dunia inilah tempat bersungguh-sungguh berusaha. Berusaha tidak bisa di alam kubur atau di akhirat. Di dunia ini tempat berusaha memperbaiki niat, berusaha beramal, berusaha tidak membuang-buang waktu percuma, dan berbagai usaha baik dan penuh semangat. Apalagi telah diperingatkan "Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain, anak yang salih yang berdoa untuknya."(HR. Muslim).

Tiga hal yang disebutkan dalam hadits ini (seperti sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak salih) adalah hasil-hasil yang tak terlepas dari proses usaha giat dan niat tulus karena Allah, selama hidup di dunia ini. Kecil kemungkinan anak akan menjadi salih, bila tidak dididik dengan sungguh -sungguh. Lebih-lebih di zaman yang semakin tak menentu ini, anak-anak banyak terpengaruh dengan hal-hal yang menjerumuskan ke dalam kejahatan. Demikian juga, ilmu yang ada tak akan sudi dimanfaatkan untuk membantu sesama, bila tak sungguh-sungguh diniatkan karena Allah. Sama halnya dengan sedekah jariyah, yang tak akan ikhlas diberikan, bila tidak berusaha untuk punya harta dan tak diniatkan karena Allah.




DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar