Kamis, 17 Mei 2012

Tafakur - Perilaku Berkesan

Oleh Jarjani Usman

"Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik" (QS. An-Nahl: 125).

Sejumlah petualang yang bergerak dari berbagai belahan bumi mencari Tuhan, seringkali berhenti langkah pertualangannya ketika melirik Islam. Lirikan pada ajaran yang dibawa Rasulullah itu menggetarkan jiwa dan membuat jatuh cinta. Yang menarik, cintanya kepada Islam bukan diilhami oleh keangkuhan orang-orang yang merasa diri sudah sangat berilmu tinggi, tetapi seringkali oleh perilaku-perilaku berkesan dari orang-orang biasa yang senantiasa merasa diri tiada berdaya kecuali kekuatan Allah.

Perilaku-perilaku yang berkesan itulah yang dengan sendirinya menjadi dakwah bil hal harian dari orang-orang yang merasa diri hamba-hamba biasa. Hamba-hamba yang senantiasa menjunjung kejujuran di kala sempit, sejujur di kala lapang rezekinya. Tenang di kala bahagia, setenang tatkala kesusahan mendera. Selalu ikhlas beribadah kepada Allah di kala sedih, seikhlas di kala bahagia. Senantiasa berusaha memberi di saat tiada, seperti ikhlas di saat berada. Bahkan, sangat takut memakai yang bukan pakaiannya, seperti pakaian kesombongan. Perilaku-perilaku seperti ini yang menghasilkan ketentraman jiwa perilakunya, maupun orang-orang yang melihatnya.

Namun menyedihkan bila hari-hari sebahagian kita kerap dipenuhi perilaku-perilaku beringas, meskipun dengan saudara-saudara seiman. Bahkan, perilaku-perilaku yang demikian pun kerap diatasnamakan Islam. Padahal Islam mengutamakan kelemah-lembutan, bukan kekerasan. Bila kekerasan yang lebih diutamakan, kesan apa yang tergambar dari kita orang-orang Islam? Demikiankah seharusnya?



DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar