Minggu, 13 Mei 2012

Tafakur - Pentingnya Keikhlasan

Oleh Jarjani Usman

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sangat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk" (QS. Al-Baqarah: 45).

Sungguh besar makna keikhlasan. Keikhlasan biasanya memperingan tubuh dalam melaksanakan sesuatu; sebaliknya, ketidak-ikhlasan memperberat. Shalat yang dilakukan dengan tidak ikhlas dan tidak kusyu' akan terasa begitu berat, meskipun sebenarnya shalat ringan. Dikatakan ringan karena shalat bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tenaga yang sedikit. Namun demikian, harus diakui, begitu banyak orang yang tak mau melakukan shalat dalam hidupnya. Bagi yang sudah merasakan seperti ini, sebaiknya berhati-hati dan memikirkan kembali keadaan diri dan penyebabnya.

Bila tidak ikhlas dan tidak kusyuk, kemungkinan besar shalat yang kita lakukan tidak diterima Allah, sebab Allah menerima yang baik-baik dan yang dilakukan dengan ikhlas. Kalau setiap hari shalat kita tidak diterima karena kita lakukan asal jadi, maka kapankah saatnya mengumpulkan pahala dari ibadah utama ini (shalat) dalam hidup di dunia yang disebut sebagai tempat mengumpulkan bekal ini? Jangan sampai dunia yang diperuntukkan sebagai tempat beramal, bagi sebahagian orang berubah menjadi tempat mempertontonkan ketidak-ikhlasan dan main-main saja.

Menurut Rasulullah, beratnya melakukan perbuatan bisa disebabkan oleh makanan haram yang dimasukkan ke dalam tubuh. Yang haram tidak akan pernah bersatu dengan yang baik-baik, seperti shalat yang sempurna dan keikhlasan. Bayangkan, betapa mengerikan nasib seseorang yang seumur hidupnya berselemak dengan yang haram. Menyelamatkan diri kita dari kehancuran dari ketidak-ikhlasan dan ketidakkusyukan merupakan suatu keharusan. Perlu menyelamatkan diri dengan doa, agar Allah senantiasa menghadirkan keikhlasan dan kekusyukan dalam hati. Juga perlu berusaha mengusir segala penyebab ketidak-ikhlasan dan ketidakkusyukan.


DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar