Selasa, 26 Juni 2012

Tafakur - Menyambut Ramadhan

Oleh Jarjani Usman

"Sahabat bertanya: 'Wahai Rasulullah, amal apa yang paling utama di bulan ini (Ramadhan)? Rasulullah Saw. menjawab: 'Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga dirimu dari apa yang diharamkan oleh Allah Swt'" (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, & Baihaqi).

Insya Allah, kita akan bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan dalam beberapa hari yang akan datang. Itulah bulan yang dijanjikan sebagai bulan penuh rahmat Allah, sehingga siapapun yang memahaminya akan merasa sangat gembira. Apalagi Rasulullah sallallahu alaihiwasallam mengatakan bahwa barangsiapa yang merasa senang akan datangnya Ramadhan, maka akan diharamkan baginya api neraka jahanam.

Tak akan merasa senang seseorang hamba, bila belum berusaha menyambutnya dengan mempersiapkan diri. Di antara hal penting mempersiapkan diri, menurut Rasulullah, ialah membersihkan diri dari segala yang haram. Bahkan, menjadi sia-sia segala amalan yang dilakukan dengan letih, bila tak mampu menjaga diri. Tidak sedikit orang yang sempat bertemu dengannya, namun tidak mampu meraih apa-apa.

Tentunya, bagi orang-orang yang terbiasa mencari nafkah dengan cara haram, hal ini menjadi suatu upaya yang berat. Tapi itulah Ramadhan, yang juga sering dinamakan sebagai bulan latihan fisik dan mental. Penting juga memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar kita diberikan kekuatan sehingga mampu melakukannya dengan baik. Dan tak ada yang berat, bila Allah sudah berkehendak membantu usaha kita.

Mudah-mudahan dengan izin Allah, siapapun mampu menyambut bulan suci Ramadhan kali ini, dengan berlomba-lomba meraih segala peluang pahala yang disediakan. Apalagi, tidak semua orang diberikan kesempatan untuk bertemu dan memetik rahmat Allah pada bulan suci Ramadhan.



DyStar Confidentiality Notice:
This message and any attachments are confidential and intended only for use
by the recipient named above. Unauthorized disclosure, distribution or copying
of this communication and the information contained in it is strictly prohibited.
If you are not the intended recipient, please notify us immediately and delete the
message and any attachments. Thank you.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar